Kamis, 15 Maret 2012

PROFIL ILMIKI


PROFIL ILMIKI
Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (ILMIKI) merupakan organisasi mahasiswa yang beranggotakan lembaga kemahasiswaan ilmu keperawatan di Indonesia.
1.      Sejarah Terbentuknya ILMIKI
Tahun 1999 merupakan awal munculnya pemikiran untuk membentuk wadah koordinatif berskala nasional untuk mahasiswa keperawatan. Namun saat itu masih sebatas wacana, belum ada langkah konkrit untuk mewujudkannya.
Maret tahun 2000 diadakan pertemuan mahasiswa kesehatan di Yogyakarta. Delegasi-delegasi mahasiswa berkumpul dan bertukar wacana mengenai perlunya wadah koordinasi mahasiwa keperawatan Indonesia. Pada pertemuan ini didapatkan kesepakatan untuk mengadakan pertemuan di Yogyakarta dengan agenda membentuk jaringan mahasiswa keperawatan Indonesia. Pertemuan ini kemudian disepakati sebagai Pra Kongres I dengan nama Jaringan Mahasiswa Ilmu Keperawatan  Indonesia (JMIKI). Pra Kongres I dihadiri oleh Pranowo Adi (FIK UI), Jathu D.W. (FIK UI), Rudi S.N. Saputra (PSIK UNPAD), Haris Sofyana (PSIK UGM), Tanto (PSIK UNIBRAW), Lalu Matuwali (PSIK UNAIR), Yafeti Nazara (PSIK USU), Khaidir (PSIK Univ Andalas), dan Mashdar Jhon (PSIK UNHAS).
Tanggal 3 Juni 2000 diadakan Pra Kongres II di Yogyakarta dengan agenda membahas AD/ART  dan GBHO serta mempersiapkan Kongres Pertama Mahasiswa Keperawatan Indonesia 2000 (KOMPI 2000). Pada pertemuan ini nama organisasi berubah menjadi Ikatan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia (IMKI). Rencana pelaksanaan Kongres II (KOMPI 2000) di Jakarta tanggal 21-23 Juli 2003, sekaligus deklarasi IMKI. Akan tetapi, Kongres II tidak jadi dilaksanakan. Akhirnya disepakati ada Pra Kongres III di Unair Surabaya.
Pra Kongres III dilaksanakan di Unair Surabaya tanggal 23-24 September 2000 dengan agenda membahas AD/ART dan GBHO IMKI serta persiapan KOMPI 2000. Terdapat beberapa usulan nama organisasi yaitu OMKI, IMKI, JMIKI, dan ILMIKI. Kemudian diperoleh kesepakatan dan pendeklarasian organisasi yang bernama “IKATAN LEMBAGA MAHASISWA ILMU KEPERAWATAN INDONESIA” disingkat ILMIKI (Surabaya, 24 September 2000 pukul 16.00 WIB).
Kongres I ILMIKI diadakan di Jakarta tanggal 23-25 Februari 2001. Agenda: memilih kepengurusan ILMIKI , menetapkan AD/ART, GBHO, dan program kerja nasional. Dalam Kongres I terpilih Jathu D.W sebagai ketua ILMIKI pertama dari FIK UI dan Husna Y. sebagai Sekjen ILMIKI UGM.
Selain itu tercetus 6 tekad mahasiswa Keperawatan Indonesia yaitu percepat praktik mandiri keperawatan, biaya kesehatan murah bagi rakyat Indonesia, pendidikan keperawatan yang berkualitas, wujudkan Indonesia sehat 2010-2011, sipakan keperawatan AFTA 2003, dan otonomi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.
Kongres II ILMIKI dilaksanakan di Yogyakarta tanggal 23-27 Februari 2003. Di Kongres II ini terpilih Aris Cahyo P. (Unibraw) sebagai ketua umum dan Ariestia Ariani (UGM) sebagai sekjen. Selain itu dihasilkan pernyataan sikap dengan isi sebagai berikut:
1.      Disegerakan tersedia RS pendidikan keperawatan
2.      Percepat RUU Keperawatan menjadi Undang-Undang
3.      Optimalkan fungsi Diknas dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan.
Struktur: ketua, sekjen, bendahara, sekretaris, biro kastrat, korwil 1-4, divisi (advokasi, SDM, dan sosial masyarakat).
Kongres III ILMIKI dilaksanakan di Malang tanggal 2-6 Maret 2005. Pada Kongres III, terpilih Ayu Ningrum (UGM) sebagai Ketua Umum dan Ratna K. (UMY) sebagai sekjen. Pernyataan sikap yang dihasilkan:
1.      Mengajak bersama membangun untuk layanan kesehatan yang terpadu
2.      Seruan menegakkan hakikat profesi kesehatan dari tindakan sewenang-wenang penguasa.
3.      Perjuangan instansi pengguna jasa keperawatan untuk memberikan kesempatan diadakan konsep “RS Pendidikan untuk Keperawatan”.
4.      Perjuangkan disahkannya “Undang-Undang Praktik Keperawatan” dengan segala implikasi
Struktur: ketua, sekjen, dirjen (infokom, kastrat, PSDM, hubungan luar negeri, keuangan), korwil 1-4, dan berbagai divisi ditiap wilayah.
Kongres IV ILMIKI dilaksanakan disemarang tanggal 14-18 Maret 2007. Pada Kongres IV, terpilih Andi Baso Tombong (UNHAS) sebagai sekjen dan Ade Martiwi
Eka Putri sebagai wasekjen. Struktur: sekjen, wasekjen, dirjen 1-5 (kastrat, POSDM, eksternal, sosial, keuangan,  pendidikan).
Kongres V ILMIKI dilaksanakan di Makassar tanggal 31 Maret-4 April 2009. Pada Kongres V terpilih Ade Martiwi Eka Putri (UI) sebagai sekjen.
kongres VI ILMIKI dilaksanakan di Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto pada tanggal 27 September-1Oktober 2011. Pada Kongres tersebut, terpilih Ariska Juniar Arlan (UNPAD) sebagai Sekjend ILMIKI 2011-2013. Struktur: Sekjend, Sekretaris, Bendahara, Dirjen 1-5 (kastrad, PSDM, sosmas, pendpel, infokom) dan meliputi 7 wilayah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar