Kamis, 15 Maret 2012

Pengantar IND 2012


Salam Perjuangan

Halo sahabat perjuangan senusantara, akhirnya peringatan Hari Perawat Sedunia setiap tanggal 12 Mei 2012 akan semakin dekat. Kegiatan ini tentu harus menjadi momentum bagi elemen keperawatan khusunya mahasiswa keperawatan untuk bergerak melakukan suatu upaya bagi masyarakat. Tentu harapannya kegiatan ini tidak hanya ceremonial, tetapi dapat memberi sumbangsih atau launching model keperawatan terbaru di Indonesia. Jumlah perawat dan mahasiswa keperawatan harus diberdayakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kesehatan di Negara kita.
 Kami telah melakukan upaya dalam melihat perkembangan perawatan kesehatan dalam peningkatan kualitas dan akses  kesehatan bagi masyarakat. Adanya Program khusus baik nasional dan international telah mendorong berbagai pihak untuk turut serta dalam menyelesaikan masalah tersebut. Salah satunya perawat, untuk itulah dalam rangka Hari Peringatan Perawat Sedunia, ada isu yang dibawa oleh dunia internasional untuk meningkatkan peranan perawat. Sebagaimana yang telah disampaikan dalam International Nurses Day KIT Versi ICN tahun 2012 yang mengatakan bahwa kita sebagai elemen keperawatan harus selalu berusaha untuk menggunakan pendekatan berbasis bukti untuk pelayanan keperawatan. Tantangan yang terjadi saat ini di dunia kesehatan adalah adanya kesenjangan akses kesehatan dan sumber daya manusia yang tidak cukup juga keterjangkauan pelayanan kesehatan baik dari sisi demografi atau ekonomi.
Sebagai seorang mahasiswa yang merupakan agent of change harus mampu melakukan perubahan-perubahan di dalam dunia keperawatan. Perubahan tersebut harus berdampak pada peningkatan pelayanan asuhan keperawatan dan kesehatan masyarakat. Adanya gerakan mahasiswa yang satu frekuensi di seluruh Indonesia dan kesadaran bahwa mahasiswa harus turun langsung untuk melakukan pengabdian masyarakat juga merupakan suatu keutamaan bagi mahasiswa keperawatan. selain melakuakn pengabdian masyarakat tentu sebagai seorang perawat harus mmbawa nilai-nilai intelektualitas dan alasan yang rasional ketika melakukan suatu pergerakan. Mahasiswa keperawatan harus membawa cara berpikir yang rasional, kritis dan dapat menganalisa permasalahan di lapangan lalu menyelesaikannya dengan intervensi keperawatan.
Selain pendekatan ke masyarakat dengan melihat evidence based, mahasiswa keperawatan juga harus mampu mnyampaikan kebutuhan kebijakan keperawatan yang mendukung kesehatan masyarakat dengan mengadvokasinya kepada pemerintah. Sehingga pergerakannya tidak hanya bersifat horizontal tetapi juga vertical
Ini IND Kit 2012 membantu memberdayakan mahasiswa keperawatan serta untuk menjadi panduan dalam melaksanakan kegiatan Hari Peringatan Perawat Sedunia di seluruh Lembaga Kemahasiswaan Keperawatan Indonesia. 
ILMIKI percaya bahwa dengan kesatuan gerakan mahasiswa keperawatan di seluruh Indonesia akan menguatkan citra perawat dan peranan keperawatan bagi masyarakat.
Hidup Mahasiswa!
Hidup Rakyat Tertindas Indonesia!
Hidup Kesehatan Indonesia!
Hormat Kami



Ariska Juniar Arlan
Sekjend ILMIKI 2011-2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar